LONDON, KOMPAS.com — Keajaiban dialami seorang bayi yang lahir prematur di sebuah rumah sakit kecil di Inggris. Bayi mungil ini berhasil melewati masa-masa kritis setelah diselamatkan kantong plastik pembungkus sandwich yang membuatnya tetap hangat.

Bayi prematur bernama Lexi Lacey ini lahir 14 minggu lebih awal dari jadwal kelahiran normal. Dokter yang merawatnya di Worcestershire Royal Hospital sempat memvonis bahwa Lexi hanya memiliki harapan hidup sekitar 10 persen.

Namun, Tuhan berkehendak lain. Bayi yang lahir dengan berat hanya 396 gram ini ternyata selamat dari ancaman maut setelah dibungkus plastik sandwich yang diperoleh dokter dari kantin rumah sakit.

Ibu si bayi, Chelsea Rowberry (17), sempat khawatir mengalami keguguran ketika perutnya terasa keram, mulas, dan sakit pada 26 Juni lalu.  Saat itu, kehamilannya baru berusia 26 minggu. Ia kemudian menelepon  RS Worcestershire dan ia diminta tidak panik oleh seorang petugas rumah sakit tersebut.

Tak lama kemudian, keram perut yang dialami Rowberry makin menghebat. Ia pun akhirnya dijemput ambulans dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan.

Di RS Worcestershire, dokter sempat kebingungan karena rumah sakit tidak memiliki fasilitas perawatan bayi prematur yang lahir di bawah 28 minggu. Dokter sempat berinisiatif membawa Rowberry ke RS Heartland Birmingham yang memiliki peralatan lebih lengkap, tetapi waktunya sudah tidak memungkinkan lagi.

Persalinan Rowberry pun akhirnya dilakukan di RS Worcestershire dan bayi Lexi mendapat perawatan seadanya. Dokter pun lalu mencoba melakukan tindakan darurat dengan membuat inkubator menggunakan kantong plastik pembungkus sandwich berukuran  15 cm dari kantin rumah sakit.

Selama beberapa lama, Lexi ternyata mampu bertahan hidup sebelum ia dibawa ke RS Heartland Birmingham dan dirawat selama tiga hari di sana. Lexi juga sempat dirawat di RS Shrewsbury dan menjalani pemulihan selama 11 minggu di RS Worcestershire.

Kini bobot Lexi sudah mencapai sekitar 2,5 kg dan sudah dizinkan pulang ke rumahnya.